Mata Kuliah HUKUM TATA NEGARA (Constitutional Law)  adalah mata kuliah wajib  dengan bobot 3 SKS. Perkuliahan Hukum Tata Negara dibagi dalam teaching team yang terdiri dari 3 pengajar, dimana satu pengajar akan mengampu satu sesi/tahapan perkuliahan. Pada umumnya satu sesi perkuliahan akan terdiri dari 7-8 kali tatap muka.

Seorang pengajar-termasuk saya- bisa mengampu pada sesi I, II, maupun III, tergantung kesepakatan dalam teaching team.  Oleh karenanya jika mahasiswa hendak mendownload  materi kuliah, terlebih dahulu harus diperhatikan pada Sesi ke berapa saya mengampu perkuliahan. Adapun  Materi kuliah yang diupload di situs ini  terdiri dari perundangan, bahan bacaan, maupun bahan perkuliahan dalam format Powerpoint.

PERKULIAHAN SESI I

Sesi I mengulas ruang lingkup, prinsip, definisi Hukum Tata Negara, Konstitusi dan Konstitusionalisme.  Dibahas pula mengenai sejarah ketatanegaraan Indonesia, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.  Materi kuliah terdiri dari powerpoint dan berbagai instrumen hukum ketatanegaraan sebagai berikut:

  1. Powerpoint (Student Version) (Materi Tayang yang digunakan dalam perkuliahan di kelas minus gambar/illustrasi)