PETUNJUK UMUM

  1. Konsultasi dapat ditempuh dengan cara konvensional (tatap muka), secara online menggunakan media surat elektronik (e-mail) maupun gabungan antara keduanya.
  2. Konsultasi tatap muka dilakukan dengan appointment terlebih dahulu dengan membawa/menyerahkan print out/hard copy draft skripsi. Konsultasi dapat dilakukan di ruang Bagian Hukum Tata Negara maupun di ruang server Video Conference FH UNSOED maupun tempat lain yang disepakati di lingkungan FH UNSOED. Adapun konsultasi secara online dilakukan dengan mengirimkan draft pada alamat email manunggal.wardaya@gmail.com
  3. Secara umum konsultasi tatap muka akan lebih memakan waktu karena memerlukan pertemuan yang terikat ruang dan waktu, serta kerap terbentur dengan padatnya jadwal mengajar, tugas   kedinasan, dan  agenda pribadi baik saya maupun mahasiswa. Oleh karenanya, konsultasi online lebih dianjurkan meskipun bukan suatu keharusan. Adalah terpulang pada mahasiswa untuk memilih konsultasi yang dirasa paling sesuai.
  4. Konsultasi online via email dengan media internet dimaksudkan agar mahasiswa dapat melakukan konsultasi skripsi tanpa terkendala waktu. Dengan konsultasi online, maka mahasiswa tetap dapat mengirimkan draft skripsinya di hari-hari libur sekalipun seperti Hari Minggu, hari besar nasional, atau libur semester,baik pagi, siang, maupun malam dan kapanpun selama 24 jam untuk dapat saya periksa. Dengan demikian penyelesaian skripsi tidak tertunda hanya karena persoalan waktu.
  5. Konsultasi via e-mail juga akan menghilangkan halangan jarak karena terkadang baik saya maupun mahasiswa terkendala aktivitas, tugas, baik yang sifatnya kedinasan/kemahasiswaan, maupun kesibukan pribadi di mana pertemuan untuk konsultasi tatap muka sulit dilaksanakan. Mahasiswa dapat mengirimkan draft dari mana saja asalkan terhubung internet, dan saya dapat mengoreksi draft kapan saja dan di mana saja, sehingga skripsi tidak tertunda hanya karena permasalahan jarak.
  6. Dengan konsultasi via media internet, automatis saya akan menerima soft copy dari mahasiswa yang memudahkan saya untuk mengoreksi skripsi. Koreksi pada soft copy akan berbentuk ketikan elektronik sehingga diharapkan akan rapih, terkonsep, dan lebih mudah dibaca serta dipahami oleh mahasiswa. Konsultasi via internet juga lebih murah karena mahasiswa tidak perlu mencetak draft berulangkali selama proses pembimbingan.
  7. Saya berkomitmen untuk membantu kelancaran skripsi mahasiswa sebaik-baiknya sedaya upaya saya. Oleh karenanya saya juga meminta agar mahasiswa mengimbangi hal ini dengan kesungguhan dan ketekunan. Mahasiswa agar tidak menunda-nunda pengerjaan skripsi, terlebih jika telah mendapat catatan perbaikan dari saya. Perlu diingat bahwa saya tidak akan mengejar-ngejar lagi menagih  mahasiswa yang lambat dalam skripsi untuk segera menyelesaikan pengerjaan skripsinya.  Semua terpulang pada mahasiswa.
  8. Mahasiswa dianjurkan untuk banyak berinteraksi dengan mahasiswa lain khususnya yang berada di bawah pembimbingan saya. Selain itu, disarankan agar sebelum melakukan konsultasi, mahasiswa melakukan peer review dengan meminta bantuan mahasiswa lain untuk membaca, mengoreksi, maupun memberi komentar atas draft yang hendak dikonsultasikan. Peer review ini amat berguna bagi mahasiswa guna mendapatkan masukan dari pihak lain yang barangkali dapat melihat kelemahan dari draft yang sedang disusun. Dengan peer review ini pula, kesalahan-kesalahan yang tak perlu lagi tak penting seperti salah ketik, aturan penulisan, dan format penulisan  menjadi terkurangi sehingga tidak menyita energi saya.
  9. Pada prinsipnya, saya tidak menerima konsultasi yang berhubungan dengan skripsi di rumah.
  10. Nomor telepon yang dapat dihubungi untuk urusan skripsi adalah 0857 28 456 999 (Strictly No SMS).

PETUNJUK KHUSUS:

  1. Untuk petunjuk penulisan dan tata cara penulisan, mahasiswa agar menyesuaikan dengan tata cara penulisan skripsi sebagaimana tercantum dalam Buku Panduan FH UNSOED.
  2. Untuk konsultasi via email, draft harus dikirimkan dengan attachment (lampiran email) dan bukan dengan copy paste pada kolom message.
  3. Konsultasi via email pada dasarnya sama dengan konsultasi konvensional (tatap muka) dalam dunia nyata. Dalam konteks ini, ada komunikasi dua arah antara saya dan mahasiswa bimbingan terkait pelbagai hal menyangkut penulisan skripsi. Oleh karenanya, etika akademis maupun etika dalam hubungan dosen mahasiswa harus dijaga dan dijunjung tinggi. Tuliskan email pengantar pada kolom email anda, dan jangan pernah mengirimkan draft tanpa email pengantar. Klik di sini untuk melihat contoh email pengantar.
  4. Beri nama draft yang anda kirimkan yang mencerminkan isi dan nama anda dan usahakan agar tidak terlalu panjang,  semisal Draft Proposal Rina Komalawati. Hal ini akan memudahkan saya untuk mengoreksi dan mengarsip, karena harus diingat bahwa saya juga menerima banyak kiriman draft dari mahasiswa bimbingan  yang lain.
  5. Disarankan untuk sesering mungkin memeriksa email anda, Karena tak jarang draft yang diemailkan oleh mahasiswa telah selesai dikoreksi dan dikirimkan kembali dalam waktu 24 jam. Sering terjadi, draft skripsi malah telah saya kirimkan kembali kurang dari 1 jam setelah saya terima. Hal ini terutama ketika saya juga sedang online manakala email berisi draft skripsi dikirimkan pada saya sehingga kalau tak sedang mengerjakan kesibukan lain, draft itu segera akan saya periksa dan koreksi.
  6. Jika draft skripsi yang berisi catatan perbaikan tak kunjung diterima lebih dari 7 hari, mahasiswa agar melakukan konfirmasi mengenai draft skripsi tersebut by phone atau by email. Pernah terjadi bahwa mahasiswa merasa telah mengirimkan draft sementara saya tidak menerima apapun di inbox saya. Bisa jadi email masuk ke folder SPAM atau mahasiswa salah dalam menuliskan alamat email atau bahkan karena saya lupa mengoreksi karena berbagai sebab.
  7. Sebaliknya mahasiswa agar tidak menanyakan draft skripsi yang baru dikirimkan satu atau dua hari. Saya memiliki komitmen penuh untuk sesegera mungkin memeriksa draft yang masuk demi kelancaran skripsi mahasiswa.
  8. Segera setelah menerima draft yang sudah saya beri catatan, lakukan perbaikan sesegera mungkin dengan tidak menunda-nunda. Download dan simpan catatan perbaikan dari saya dengan membuat file baru (save as) untuk anda perbaiki. Dengan demikian, anda masih dapat mempelajari catatan saya pada kesempatan berikutnya. Kirimkan draft yang sudah anda perbaiki kembali, demikian seterusnya hingga saya nyatakan cukup.
  9. Jika anda membutuhkan tanda tangan, silakan letakkan saja draft pada meja saya, atau menghubungi saya di kampus. Jangan lupa konfirmasikan hal ini by phone.
  10. Gunakan alamat dan nama email yang mencerminkan nama anda dan hindari mengirimkan draft dengan menggunakan nama dan alamat email yang tidak sopan. Draft skripsi yang dikirimkan dengan email address yang tidak jelas dan atau tidak sopan tidak akan dilayani.
  11. Periksa draft anda sebelum dikirimkan, sehingga tidak ada kesalahan ketik yang tidak perlu. Konsultasi hendaknya menyangkut hal yang substansial saja sehingga energi saya tidak terkuras untuk  hal-hal yang tidak penting lagi sepele seperti salah ketik.
  12. Untuk menghindari kesulitan berkaitan dengan tanda tangan, disarankan agar mahasiswa membawa lembar pengesahan di hari pendadaran untuk ditandatangani.

PETUNJUK PEMBIMBINGAN SKRIPSI