Seminar hasil penelitian pada hakikatnya adalah suatu forum untuk mendiseminasikan hasil penelitian kepada khalayak yang lebih luas. Diseminarkannya sebuah hasil penelitian termasuk skripsi mempunyai satu agenda utama: penyempurnaan penelitian sehingga nantinya dari penelitian yang dilakukan akan didapat kebenaran atau setidaknya semakin mendekati kebenaran. Beberapa petunjuk di bawah ini bisa digunakan mahasiswa sebagai acuan maupun pertimbangan dalam melakukan seminar skripsi:

  1. Hari, Tanggal dan Waktu seminar hendaknya dikonsultasikan terlebih dahulu sedini mungkin kepada dosen pembimbing maupun dosen penilai. Mahasiswa juga disarankan untuk mengingatkan kembali kepada dosen pembimbing maupun penilai pada hari H.
  2. Keep in mind bahwa seminar skripsi adalah forum untuk menyempurnakan penyusunan skripsi. Walaupun dalam pengerjaan sebuah skripsi  seorang mahasiswa berada dibawah pengawasan dua pembimbing, namun bisa jadi karena satu dan lain hal masih ada hal-hal yang terlewatkan dari pengamatan.  Oleh karenanya, seminar skripsi bukanlah suatu event yang harus menjadi momok bagi mahasiswa dalam menghadapi pertanyaan dan kritikan. Segala masukan dari audiens sudah semestinya dianggap sebagai bagian menyempurnakan skripsi yang tak bisa tidak harus diterima dengan tangan terbuka.
  3.  Sebuah penelitian termasuk skripsi  diasusmikan dikerjakan oleh mahasiswa sendiri, maka mahasiswa penyusun skripsi dianggap paling tahu mengenai hasil penelitian bahkan secara  luar kepala. Tunjukkan hal ini dengan penyampaian yang bagus dan percaya diri. Salah satu yang menyebabkan penilaian terhadap mahasiswa dalam seminar kurang baik adalah karena penyampaiannya yang hanya sekedar membacakan artikel seminar (yang sebenarnya bisa dibaca sendiri oleh audiens)  dan bukannya berkomunikasi dengan audiens.
  4. Seminar adalah untuk menyampaikan hal-hal yang pokok saja, oleh karenanya mahasiswa harus menyampaikan inti penelitian secara singkat, yang akan mengantar audiens kepada pemahaman akan penelitian mahasiswa ybs. Terlalu berpanjang-panjang dalam menyampaikan hasil penelitian akan membuat audiens merasa bosan dan jenuh.
  5. Walaupun bukan suatu keharusan/kewajiban dalam seminar, sedapat mungkin gunakanlah powerpoint untuk membantu mengarahkan pemahaman audiens akan isi sebuah skripsi. Rancanglah desain powerpoint seperlunya dan sesederhana mungkin.   Mahasiswa agar tidak ‘beratraksi’ dengan powerpoint yang  menyebabkan pokok pikiran dalam powerpoint tidak terbaca, tertutup gambar, dsb. Alih-alih menggunakan beraneka font yang berbeda dengan latar belakang yang berwarna-warni dan aneka ragam animasi yang mengganggu dan memecah perhatian, saya menyarankan agar mahasiswa merancang powerpoint  dengan font hitam dan background putih polos, ataupun background berwarna yang seminimalis mungkin. Untuk diingat, powerpoint bukanlah sarana “atraksi dan hiburan.” Klik di sini untuk mendapatkan contoh design powerpoint yang sederhana namun mengena dan menggambarkan isi penelitian secara menyeluruh.