Mahasiswa Hukum HAM Kelas A Agar membuat makalah mengenai Kebebasan Memeluk Agama dalam Perspektif Hukum Hak Asasi Manusia.

Makalah setidaknya harus mengelaborasi isu isu berikut:

  1. Bagaimana Kebebasan Beragama di Indonesia?
  2. Apakah dalam perspektif Hukum Hak Asasi Manusia Pemerintah dapat untuk tidak mengakui Agama?
  3. Apakah semua Agama seharusnya dapat hidup di Indonesia?
  4. Dan isu isu lain yang relevan

Makalah ditulis dengan ketentuan sbb:

  1. Format Makalah adalah Pendahuluan, Permasalahan, Pembahasan, Kesimpulan.
  2. Mahasiswa agar menggunakan instrumen hukum HAM internasional seperti DUHAM/UDHR, ICCPR, ICESCR, UUD 1945, UU No. 39 Tahun 1999 dan berbagai dokumen maupun pustaka mengenai HAM . Secara spesifik Perhatikan Pasal 18 ICCPR dan General Comment dari Human Rights Committe mengenai Pasal 18 ICCPR
  3. Tugas ini dapat dikerjakan secara mandiri/perorangan maupun secara berkelompok  dengan ketentuan maksimal 3 orang. Tugas yang dikerjakan lebih dari 3 orang akan mendapat pengurangan  nilai.
  4. Tugas dikirimkan berupa attachment via email pengajar yakni kuliahmanunggal@yahoo.com  . Tuliskan nama dan NIM pada Subject Email. Tugas harus sudah diterima di email pengajar pada 5 Desember 2010. Tugas yang diterima setelah tanggal tersebut akan mendapat pengurangan nilai 50%
  5. Mahasiswa agar membawa tugas dalam bentuk print out dalam perkuliahan terakhir untuk dipresentasikan. Untuk diingat, ketidakhadiran mahasiswa dalam presentasi akan mengurangi penilaian. Tugas tidak perlu disampul plastik, cukup distaple saja. Save the environment, save your money too.
  6. Diingatkan pada mahasiswa untuk menghindari melakukan tindakan plagiarism dengan copy paste dari sesama teman maupun dari media. Pelanggaran terhadap hal ini dikenakan nilai E.

Untuk diperhatikan dan disebarluaskan.

25 Nopember 2010

TTD

Manunggal K. Wardaya