Saya, Manunggal Kusuma Wardaya, dilahirkan di Rumah Sakit Brajat Minulja Surakarta pada tanggal 24 Maret 1975. Pada 1977 keluarga kami meninggalkan Surakarta menuju Purbalingga, mengikuti ayah yang bertugas sebagai kepala sekolah di SMA N Purbalingga [kini SMA Negeri 1 Purbalingga]. Sejak 1982 ayah saya bertugas sebagai kepala sekolah SMA N 1 Purwokerto dan sejak saat itu pula saya bertempat tinggal di Purwokerto.

Studi S-1 Ilmu Hukum saya tempuh dalam kurun 1993-1998. Saya bergabugn dengan LSM Kelompok Studi Mahasiswa Hukum KRISNA. Di kampus saya menjadi pemimpin redaksi majalah mahasiswa Pro Justitia.  Setelah tamat kuliah, saya bekerja sebagai journalist pada beberapa media lokal di Banyumas antaranya Sudirman Pos, Suara Gerilya, dan kemudian menjadi dosen pada sebuah PTS dalam kurun 2000-2006.

Pada 2003 saya mendapatkan beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) dari Pemerintah Australia. Saya memilih Monash Law, Monash University, Melbourne untuk studi master saya. Gelar Latin Legum Magister (LL.M) dalam bidang International & Comparative Law diperoleh pada 21 April 2005.  Sejak April 2006 saya kembali ke almamater Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman sebagai pengajar di Bagian Hukum Tata Negara hingga sekarang.

Pada 2009 saya meraih beasiswa StuNED dari Pemerintah Belanda untuk mengikuti Certificate Course on Globalisation, Labour Rights and Corporate Social Responsibility di Institute of Social Studies (ISS), di Den Haag, Negeri Belanda 22 April-6 June 2009. Pendidikan dan latihan lainnya yang saya ikuti antaranya Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah di Universitas Negeri Malang (2002), berbagai pelatihan bagi Dosen Hak Asasi Manusia yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusham) UII dan Norwegian Centre for Human Rights-University of Oslo (2005-2008). Pula pelatihan Building Blocks for the Rule of Labor Law dan juga kursus Socio-Legal Studies diselenggarakan oleh UI-University of Leiden & University of Groningen (2010-2011).

Mata kuliah yang saya ampu di FH UNSOED antaranya Hukum Tata Negara, Hukum Hak Asasi Manusia, dan Hukum Pers sekaligus menjadi supervisor skripsi dalam bidang-bidang hukum tersebut.

Jabatan yang pernah  diemban adalah sebagai

  1. Co-founder Serikat Pengajar Hak Asasi Manusia (SEPAHAM) dan Koordinator pertama SEPAHAM (2010-2014).
  2. Sekretaris Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum UNSOED
  3. Penanggung Jawab Video Conference MKRI-FH UNSOED,
  4. Wakil Ketua Language Centre FH UNSOED,
  5. Wakil Ketua Penyunting Jurnal Dinamika Hukum FH UNSOED,
  6. Mitra Bestari International Law Jurnal Voice of Constitution & Human Rights , Lembaga Penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).
  7. Pembina untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi, Sinematografi, dan Design  “Gradasi”.

Organisasi yang pernah diikuti antaranya

  1. Kelompok Studi Mahasiswa Hukum KRISNA (195-1998),
  2. Majalah Mahasiswa Pro Justitia (1995-1998),
  3. Justitia Band (1993-1998),
  4. Monash Law Student Society (2004-2005),
  5. Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kota Den Haag (2009).
  6. Perhimpunan Pelajar Indonesia Nijmegen (2011-2015)
  7. Perhimpuan Pelajar Hukum Indonesia di Belanda

Selain menulis artikel hukum untuk jurnal ilmiah, majalah, maupun surat kabar, saya juga menyampaikan hasil riset maupun gagasan di berbagai seminar, workshop dan konferensi baik nasional maupun internasional. Di luar kegiatan akademik,  saya aktif sebagai anggota Komunitas Pecinta Musik Indonesia (KPMI) dan moderator mailing list KPMI di Yahoo Groups. Selain itu menekuni hobi mengoleksi berbagai album rekaman musik dalam berbagai genre dan format (CD, tapes, LP’s), mengumpulkan perangko, uang, iklan, majalah, dan berbagai benda/barang kuno maupu antik lainnya, serta menjadi editor pada on-line media; dapurletter.com .

Menikah dengan Dwiningsih pada 2001 dikaruniai seorang putri Ananda M.P Maharani (27 Nov 2002) dan dua orang putra masing-masing Dipa Mulia Wardaya (25 June 2009) dan Deva Mulia Wardaya (9 December 2011). Sejak akhir Desember 2011 saya bermukim di Nijmegen, Negeri Belanda dalam rangka menyusun disertasi PhD saya mengenai transplantasi hukum pidana internasional ke hukum domestik Indonesia di Faculteit der Rechstgeleerdheid Radboud Universiteit Nijmegen. Sebagai promotor saya adalah Prof. Piet Hein Van Kempen dan Co-Supervisor saya adalah Dr. Laurens Bakker.

Kunjungi situs saya yang lain tentang berbagai hal di luar akademik: http://nadatjerita.wordpress.com/